5 Perkara yang Harus dihindarkan Penyebab Hancurnya Suatu Negeri


" Bagaimana kamu apabila dilanda lima perkara"

tanya Rasul yang sekaligus dijawabnya sendiri.

"Kalau aku, aku akan berlindung kepada Allah agar tidak menimpa kamu atau sampai mengalaminya:

  1. Jika perbuatan maksiat dalam suatu kaum, sudah dilakukan terang-terangan, maka akan timbul wabah dan penyakit-penyakit yang belu pernah menimpa orang-orang sebelumnya.
  2. Jika suatu kamu menolak mengeluarkan zakat, maka Allah akan mengentikan turunnya hujan. Kalau bukan karena bintang-binatang ternak, tentu hujan tidak akan diturunkan sama sekali.
  3. Jika suatu kaum mengurangi takaran dan timbangan (hidup tidak lagi seimbang), maka Allah akan menimpakan paceklik beberapa waktu, kesulitan pangan, dan 'menghadiahi' kezaliman penguasa.
  4. Jika penguasa-penguasa mereka melaksanakan hukum yang bukan dari Allah, maka Allah akan menguasakan musuh-musuh mereka untuk memerintah dan merampas harta kekayaan mereka.
  5. Dan jika mereka menyia-nyiakan Kitabullah dan Sunnah Nabi, maka Allah akan menjadikan permusuhan di antara mereka." ( HR. Ahmad dan Ibnu Majah)


Mafhûmul Mukhâlafah -kepahaman kebalikkanya- adalah, bila keadaan suatu negeri, suatu masyarakat, kebalikan dari apa yang ada di Hadist di atas, maka akan berbunyi menyejukkan,

  1. Jika suatu kaum memelihara diri -'iffah- dari perbuatan yang diharamkan Allah, maka Allah akan menjaga timbulnya wabah dan penyakit-penyakit yang belum pernah menimpa orang-orang sebelumnnya.
  2. Jika suatu kaum bersedia, tertib, dan disiplin dalam mengeluarkan zakat, maka Allah akan menurunkan hujan -menyuburkan perekonomian dan perindustrian- dan Allah akan jaga dari kekeringan (kebangkrutan).
  3. Jika suatu kaum memenuhi takaran dan timbangan (hidup seimbang), maka Allah akan menjaga segala kemungkinan paceklik, menghindarkan kesulitan pangan, dan 'menghadiahi' penguasa yang shalih lagi arif.
  4. Jika penguasa-penguasa mereka melaksanakan hukum Allah, maka Allah akan meniadakan musuh bagi mereka dan memberikan negeri itu kekayaan.
  5. Jika mereka menjaga Kitabullah dan Sunnah Nabi, maka Allah menciptakan ketenagan dan kedamaian di hati-hati mereka
Sumber : Buku - Mengubah Langit



0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan kritik dan saran Anda, untuk kemajuan, kemudahan, serta isi yang bermanfaat di blog ini,
dan mohon do'anya juga :)
Terima Kasih

Assalamu'alaikum


Top