Manfaat Telur

Telur bukan hanya bisa direbus, digoreng, dibuat omelet, orak-arik, atau untuk membuat kue saja. Masih banyak kegunaan telur. Seperti, untuk masker wajah, atau untuk merawat tanaman. Mari kita simak apa saja kegunaan telur seperti berikut ini.
  • Telur dapat mengurangi bengkak di bawah mata. Oleskan lapisan tipis di bawah mata dan biarkan selama 10 – 15 menit. Setelah itu bilaslah.
  • Masker telur putih dapat menutup pori-pori wajah. Gunakan putih telur pada wajah basah yang bersih, diamkan selama 10 menit ( untuk kulit sensitif dan kering) dan 20 menit (untuk kulit normal dan berminyak). Masker telur bisa membuat kulit lebih kencang.
  • Masker kuning telur sangat ideal untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dan kering. Sebab kuning telur kaya akan vitamin A yang efektif digunakan untuk antikeriput.
  • Masker telur juga ideal untuk kulit yang teritasi karena mengandung asam amino yang membantu memelihara sel-sel kulit dengan mengurangi peradangan.
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan, polusi dan klorin dari kolam renang dapat membuat rusak rambut kita. Untuk menyegarkan kembali rambut kering dan rusak, campurkan 1 butir kuning telur, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 cangkir air. Gunakan untuk merendam rambut dari akar ke ujung dan diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Kuning telur kaya akan asam lemak yang bila dipakai pada kulit kering akan membuatnya mengkilap hingga seminggu. Ramuan ini juga membentengi rambut dengan vitamin A, E, dan D, untuk memerangi kerusakan selanjutnya.
  • Saat membuat pie,jika diisi dengan buah-buahan biasanya kulitnya akan retak. Untuk mendapatkan kulit sempurna, gunakan kuas pastry, oleskan 1 putih telur pada bagian bawah kulit. Biarkan selama 2 menit sebelum menambahkan pengisian, lalu panggang seperti bias. Putih telur mengandung albumin, suatu senyawa protein yang membentuk penghalang tahan air yang mencegah air dari buah yang diisikan menembus kulit pie.
  • Untuk menjaga tanaman di luar dan di dalam rumah tetap sehat, hancurkan sisa kulit telur dan taburkan di atas tanah. Kulit telur mengandung kalsium, mineral yang digunakan tanaman untuk membangun dinding sel dan membran baru yang diperlukan untuk pertumbuhan. Tumbukan kulit telur yang diusapkan pada daun tanaman juga membuatnya kuat dan berkilau.
  • Untuk mengembalikan warna barang yang terbuat dari kulit dan tidak terlihat usang lagi, pisahkan 2 butir putih telur ke dalam mangkuk. Gunakan kain kering untuk mengusapkan putih telur ke bahan kulit dengan gerakan melingkar. Protein dalam putih telur dapat melembabkan bahan agar terlihat baru dan bersinar.
  • Jika ada kebocoran kecil pada radiator mobil dan tidak ada waktu lagi untuk membawanya ke bengkel, untuk menjaga agar kendaraan berjalan sampai kebocoran bisa diperbaiki, tuangkan 1 putih telur ke dalam radiator setelah mematikan mesin mobil. Panas dari mesin akan cepat memasakkan telur, dan partikel padat tersebut tenggelam ke dalam setiap lubang, menutup kebocoran untuk sementara. 
Sumber : intisari

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan kritik dan saran Anda, untuk kemajuan, kemudahan, serta isi yang bermanfaat di blog ini,
dan mohon do'anya juga :)
Terima Kasih

Assalamu'alaikum


Top