Mengenal Hipertensi dan Makanan Anti-Hipertensi


Apakah Anda salah satu penderita hipertensi atau ada keluarga yang menderita penyakit ini? Secara sederhana hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah keadaan di mana tekanan darah di arteri meningkat, hal ini bisa menyebabkan jantung bekerja lebih keras dalam mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Penderita hipertensi berat biasanya mempunyai tekanan darah sistolik 160 mmHg atau lebih dan 100 mmHg untuk tekanan darah diastoliknya. Darah tinggi mempunyai gejala seperti sakit kepala, pusing, jantung berdebar cepat, wajah kemerahan, mudah lelah, mual, sesak napas, sering buang air kecil, telinga berdenging, hingga pendarahan dari hidung. Pada hipertensi yang sudah kronis bisa menyebabkan pandangan kabur, kerusakan sistem otak, gangguan jantung dan ginjal.

Obat-obatan anti-hipertensi memang banyak di pasaran, namun tahukah Anda ada beberapa sumber makanan alami yang bisa menjadi obat anti-hipertensi yang ampuh? Selain cocok dikonsumsi penderita hipertensi untuk kembali menormalkan tekanan darah, makanan ini juga aman dikonsumsi bagi Andas yang tidak menderita hipertensi sebagai pencegahan.

Seledri
Kandungan fitokimia pada seledri yaitu phthalides ampuh mengendurkan jaringan otot pada dinding arteri yang bisa menormalkan aliran darah. Anda bisa mencampurkan seledri ke dalam aneka hidangan seperti sup, bubur ayam, soto dan aneka tumisan. Seledri bisa membuat makanan mempunyai aroma yang lebih sedap.

Gandum
Kandungan serat pada gandum sangat tinggi, gandum juga kaya akan magnesium. Keduanya bermanfaat dalam menormalkan tekanan darah, Anda bisa mendapatkan manfaat gandum dengan mengonsumsi gandum oat secara rutin. Selain baik untuk tekanan darah gandum juga berperan menyehatkan jantung.

Semangka
Buah semangka kaya akan aneka vitamin dan mineral, kandungan air pada semangka juga sangat tinggi. Selain rasanya yang menyegarkan dan dapat mengatasi gejala dehidrasi, semangka bisa membantu penurunan takanan darah karena kandungan asam amino L-citrulline. Selain semangka belewah, timun dan melon punya fungsi yang sama.

Alpukat
200 gram alpukat mengandung 1204 mg kalium. Salah satu cara menormalkan tekanan darah tinggi adalah mengonsumsi makanan yang tinggi kalium. Kalium akan mengurangi kadar garam dan menormalkan kerja pembuluh darah dalam tubuh.

Pisang
Salah satu buah yang mengandung potasium sangat tinggi, salah satu manfaatnya adalah mengontrol tekanan darah. Pisang juga mengandung sedikit garam dan kaya akan kalium yang akan membantu mengikis sodium berlebih dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab darah tinggi.

Belimbing
Belimbing manis dan belimbing wuluh juga bisa dijadikan obat hipertensi. Kandungan air yang tinggi, vitamin dan kalium pada belimbing ampuh menormalkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Anda bisa memakan langsung atau memarutnya dan meminum air perasan belimbing. Belimbing wuluh lebih ampuh karena mengandung kalium yang lebih tinggi.

Cokelat
Jurnal BMC Medicines mengungkap fakta baru tentang manfaat cokelat, kandungan flavanol pada cokelat bisa memicu pelebaran pembuluh darah, meningkatkan pembentukan nitric oxide endotel yang berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Selain disebabkan karena faktor genetik, hipertensi bisa terjadi karena gaya hidup yang buruk, kurang asupan nutrisi, gemar konsumsi junk food, pola diet yang salah, obesitas, rokok, kurang olahraga dan stres berkepanjangan. Yuk, Kita terapkan gaya hidup sehat dengan banyak konsumsi makanan bergizi dan rutin olahraga!

Sumber : Resep Kita

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan kritik dan saran Anda, untuk kemajuan, kemudahan, serta isi yang bermanfaat di blog ini,
dan mohon do'anya juga :)
Terima Kasih

Assalamu'alaikum

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS

Top