Alasan Kenapa Harus Berhenti Merokok, Bahaya yang Luput dari Perhatianmu


Seruan tentang bahaya merokok sudah sering didengungkan, tapi Indonesia masih menduduki peringkat kedua dunia untuk jumlah perokok terbanyak. Setidaknya 2 dari 3 pria di Indonesia adalah perokok. Dan kematian akibat rokok mencapai 200 ribu orang per tahun!

Lupakan dulu dampak-dampak merokok seperti penyakit jantung, kanker paru-paru dan gangguan pernapasan. Berikut adalah dampak-dampak merokok yang mungkin luput dari perhatian kamu.

1. Merokok Mengganggu Fungsi Otak.
Menurut penelitian, merokok dapat menurunkan daya ingat dan kemampuan berpikir. Merokok membuat kamu lebih rentan menderita dementia, alzheimer, serta gangguan kognitif.
Singkatnya, merokok bisa membuatmu bodoh dan pikun lebih cepat pada usia lanjut dibandingkan dengan yang tidak merokok.

2. Merokok Dapat Menyebabkan Diabetes.
Seorang perokok memiliki resiko menderita diabetes tipe 2 sebesar 44 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak merokok.

3. Merokok Membuatmu Rentan Infeksi
Merokok menurunkan sistem imun sehingga membuatmu lebih mudah terjangkit penyakit akibat bakteri dan virus. Penyakit yang sering menjangkiti perokok antara lain adalah pneumonia atau radang paru-paru akibat bakteri Streptococcus pneumoniae. Bukan cuma itu, orang-orang di sekitarmu yang ikut-ikutan menghirup asap rokokmu juga berisiko yang sama. Itulah mengapa pneumonia sering menginfeksi anak-anak para perokok.

Duh, kalau merokok jangan di dekat anak-anak ya!

4. Merokok Bisa Melemahkan Kehidupan Seksualmu
Perokok mempunyai risiko lebih besar untuk menderita disfungsi ereksi dibanding yang bukan perokok. Nikotin dalam rokok dibawa oleh darah ke seluruh tubuh dan berakibat pada penyempitan pembuluh darah (arteriosklerosis). Inilah penyebab serangan jantung, stroke, maupun disfungsi ereksi.

Kebiasaan merokok juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma sehingga mengurangi tingkat kesuburan.

5. Merokok Menyebabkan Keriput
Merokok bukan saja menyebabkan penuaan dini di wajah, tetapi juga pada area kulit yang jarang terkena sinar matahari.

6. Merokok Mempercepat Menopause
Wanita yang merokok menghadapi peningkatan risiko kemandulan dan kemungkinan mengalami menopause lebih awal dibanding yang tidak merokok. Penelitian menemukan bahwa bahan kimia pada rokok merusak sel telur yang dihasilkan oleh ovarium.

Perlu diketahui ovarium bekerja seperti “bank”, mereka punya kapasitas terbatas untuk memproduksi sel telur. Jika kapasitasnya habis, maka terjadilah menopause. Zat-zat kimia dalam rokok mempercepat perusakan pada “bank” sel telur tersebut dan mempercepat menopause.

Lebih parahnya lagi, ibu hamil yang merokok tak hanya meningkatkan risiko infertilitas pada dirinya sendiri, tetapi juga pada janin yang dikandungnya.

7. Merokok Menurunkan Daya Penglihatan
Beberapa penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara merokok dan penyakit mata, terutama age-related macular degeneration (ARMD), yang dapat menimbulkan rabun bahkan kebutaan. Perokok 2-3 kali lebih berisiko mengalami ARMD dibanding yang bukan perokok.

8. Merokok Melemahkan Tulang
Merokok melemahkan kerangka tubuh dan merupakan faktor risiko yang serius terhadap osteoporosis. Merokok juga menurunkan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko terhadap hip fracture atau retak pinggul.

9. Merokok Merusak Organ Dalam
Rokok memang nikmat untuk dihirup, tapi ternyata rokok dapat mengganggu sistem pencernaan, menimbulkan heartburn, tukak lambung, bahkan batu empedu. Lebih parah lagi, perokok aktif dan mantan perokok ternyata juga berisiko lebih besar untuk menderita penyakit Chron, suatu kondisi inflamasi pada saluran cerna yang mengakibatkan nyeri dan diare.

10. Merokok Menyebabkan Gangguan Tidur
Ketergantungan nikotin dapat menyebabkan gelisah di malam hari, sehingga perokok empat kali lebih beresiko mengidap insomnia. Padahal kurang tidur dapa mengundang berbagai penyakit lain lho.

11. Merokok Memangkas Usia Dan Kualitas Hidupmu.
Orang yang tidak merokok rata-rata berusia 10 tahun lebih panjang dibanding perokok. Terlebih, mereka menjadi lebih menikmati hidup karena dianugerahi kesehatan yang lebih baik. Sementara, perokok harus berhadapan dengan berbagai macam risiko penyakit yang dapat mempengaruhi hidupnya dan orang di sekelilingnya.

12. Merokok Berhubungan Dengan Berbagai Macam Kanker
Bukan hanya kanker paru-paru, ternyata merokok juga berhubungan dengan bermacam kanker, seperti kanker mulut, kanker pankreas, kanker kandung kemih maupun kanker serviks.

Jadi, mana yang kamu pilih ketika menginjak usia senja nanti: hidup sehat dan berkualitas tanpa rokok atau hidup yang mati-matian berjuang untuk sembuh dari penyakit-penyakit di atas?

Gak perlu sampai anti terhadap rokok. Tentu saja kami tahu bahwa ujung-ujungnya, merokok adalah hak. Tapi kamu dan orang-orang di sekitarmu juga berhak untuk hidup sehat tanpa rokok

Sumber : hipwee

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan kritik dan saran Anda, untuk kemajuan, kemudahan, serta isi yang bermanfaat di blog ini,
dan mohon do'anya juga :)
Terima Kasih

Assalamu'alaikum


Top